Fungsi Tombol Pada Keyboard

Keyboard komputer adalah sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat input pada komputer, namun ada di antara Anda mungkin ada yang belum mengetahui mengenai fungsi tombol pada keyboard.

Fungsi Tombol Pada Keyboard

Fungsi Tombol Pada Keyboard

Sebelum membahas tentang fungsi tombol keyboard, ada baiknya kita menambah wawasan dengan mengetahui jenis - jenis keyboard, pembagian ruang tombol dan pengenalan lampu indikator pada keyboard.

Jenis - Jenis Keyboard

Dalam mengoprasikan komputer keyboard memegang peranan yang sangat penting, karena keyboard adalah alat input yang digunakan untuk mengetik informasi pada komputer atau bisa digunakan juga untuk menjalankan berbagai perintah dan instruksi pada komputer.

Ada berbagai macam jenis keyboard baik dari segi bentuk dan tombolnya, berikut adalah beberapa jenis keyboard yang pernah atau ada di pasaran :

  • Jenis Keyboard berdasarkan bentuknya
    1. Keyboard Serial
      Keyboard serial menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

      Jenis Keyboard Serial
    2. Keyboard PS/2
      Biasanya digunakan pada komputer ATX. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, Karena port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse

      Keyboard PS/2
    3. Keyboard Wireless

      Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth.

      Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

      Keyboard Wireless
    4. Keyboard USB
      Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB dan bahkan sangat dominan pengunaannya, hal ini dikarenakan keyboard USB begitu menjamin transfer data lebih cepat.

      Keyboard USB
  • Jenis keyboard berdasarkan bentuk dan posisi tombolnya

    1. Keyboard Qwerty

      Keyboard jenis Qwerty sampai saat ini merupakan keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. QWERTY dirancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan, letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan dilakukan.

      Keyboard Qwerty
    2. Keyboard DVORAK

      Jenis keyboard DVORAK di buat pada tahun 1932 yang di rancang sedemikian rupa agar tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan di banding dengan tangan kiri. Dari hasil uji coba yang dilakukan DVORAK mempunyai hasil yang lebih efisien antara 10-15% di banding dengan keyboard QWERTY.

      Jenis keyboard
    3. Keyboard KLOCKENBERG

      Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.

      Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.

      Keyboard KLOCKENBERG
    4. Keyboard Maltron

      Maltron dibuat sedikit agak berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna tidak dalam posisi membentuk satu garis lurus. Dengan menggunakan keyboard jenis ini, pembuat keyboard Maltron menjamin akan memberikan kenyamanan pada jari tangan pengguna saat mengetik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) pada pengguna.

      Selain itu keyboard ini juga di klaim mampu meningkatkan kecepatan ketika mengetik karena penggunaan 10 jari dapat di optimalkan dengan baik.

      Keyboard Maltron
    5. Keyboard Chord

      Keyboard Chord hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika kita ingin memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. Dari sisi kecepatan Chord memang bisa diunggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.

      eyboard Chord
    6. Keyboard Alphabetic

      Tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet.

      Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan

      Keyboard Alphabetic
    7. Keyboard Numeric

      Tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet.

      Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan



      Keyboard Numeric

Pembagian ruang tombol keyboard

Setelah mengetahui jenis keyboard dari segi bentuk dan posisi tombol, perlu kita ketahui juga bahwa tombol – tombol yang terdapat pada keyboard secara garis besar terbagi menjadi 4 struktur yaitu

Pembagian ruang tombol keyboard

  1. Typing Keys

    Typing Keys atau tombol ketik adalah bagian dari keyboard yang berisi huruf, angka dan tanda baca.

  2. Function Key

    Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

  3. Numeric Key

    Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

  4. Control Key

    Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

    Sering juga kita dapati saat menggunakan keyboard, terdapat lampu indicator yang menyala. Ketiga lampu tersebut adalah Num Lock, Caps Lock dan Scroll Lock. Ketiga tombol tersebut memiliki fungsi masing – masing yaitu :

    • Num Lock

      Untuk Num Lock berfungsi untuk mengaktifkan tombol numerical yang ada pada bagian kanan keyboard. Untuk mengaktifkannya kita tinggal menekan tombol Num Lock pada keyboard.

    • CAPS LOCK

      Caps Lock berfungsi untuk membuat semua huruf menjadi huruf kapital. Cara mengaktifkannya hanya dengan menekan tombol Caps Lock pada keyboard.

    • SCROLL LOCK

      Untuk mengunci fungsi glidder dari mouse scroll. Cara mengaktifkannya hanya dengan menekan tombol Scroll Lock pada keyboard.


Penggunaan Tombol Shift & Fn

Pada saat mengetik di keyboard, sering juga kita lihat ada beberapa karakter yang terdapat pada 1 tombol seperti tanda !, @ atau yang lainnya. Lalu bagaimana cara menampilkan karakter tersebut? Caranya kita bisa menggunakan tombol Shift. Untuk tombol Shift juga bisa digunakan untuk keperluan yang lain seperti:

  • Membuat huruf kapital menjadi lowercase ataupun sebaliknya. Caranya dengan menekan tombol Shift sambil mengetik.
  • Untuk menampilkan karakter yang terdapat pada keyboard. Contohnya untuk menampilkan tanda “ maka anda harus menekan tombol Shift + ´ untuk menampilkannya
  • Untuk membuat objek lebih presisi. Contohnya adalah saat membuat garis lurus, dimana dengan menahan tombil Shift saat membuat garis maka garis yang dibuat akan menjadi lurus.
  • Untuk menyeleksi teks. Caranya dengan menahan tombol Shift lalu klik kata atau kalimat yang ingin diseleksi.
  • Untuk menghapus bullet and numbering. Caranya dengan menekan Shift+Enter jika bullet and numbering yang dibuat di rasa sudah cukup.

Selain menggunakan tombol Shift, ada tombol lainnya yang sangat membantu yakni tombol FN. Tombol Fn atau biasa di sebut Function ini terbagi menjadi F1 – F12 yang tentunya memiliki fungsi masing – masing, baik digunakan langsung atau perlu dikombinasikan dengan tombol yang lain. Berikut adalah fungsi dari masing – masing tombol tersebut.

  1. F1 : Untuk menampilkan menu help
  2. F2 : Bisa digunakan untuk merename.
  3. F3 : Searching.
  4. F4 : Untuk menutup aplikasi.
  5. F5 : Refresh.
  6. F6 : Addressing.
  7. F7 : Memeriksa kesalahan ketik dan ejaan teks.
  8. F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek.
  9. F9 : Mengupdate Field (Mail Merge).
  10. F10 : Bisa digunakan menjadi alternative untuk klik kanan. Perlu dikombinasikan dengan tombol Shift
  11. F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge).
  12. F12 : Untuk save as.

Subscribe Channel Computer Course Center

Fungsi Tombol Pada Keyboard

Meskipun penggunaan keyboard bukan hal yang baru bagi sebagian besar orang. Ternyata ada beberapa fungsi keyboard yang sangat membantu tetapi masih sedikit diketahui oleh orang. Berikut adalah beberapa fungsi tombol pada keyboard

No Shortcut Fungsi
1 Ctrl + A Select All
2 Ctrl + B Bold
3 Ctrl + C Copy
4 Ctrl + D Font
5 Ctrl + E Center Alignment
6 Ctrl + F Find
7 Ctrl + G Go To
8 Ctrl + H Replace
9 Ctrl + I Italic
10 Ctrl + J Justify Alignment
11 Ctrl + K Insert Hyperlink
12 Ctrl + L Left Alignment
13 Ctrl + M Incrase Indent
14 Ctrl + N New
15 Ctrl + O Open
16 Ctrl + P Print
17 Ctrl + Q Normal Style
18 Ctrl + R Right Alignment
19 Ctrl + S Save / Save As
20 Ctrl + T Hanging Indent
21 Ctrl + U Underline
22 Ctrl + V Paste
23 Ctrl + W Close
24 Ctrl + X Cut
25 Ctrl + Y Redo
26 Ctrl + Z Undo
27 Ctrl + 1 Single Spacing
28 Ctrl + 2 Double Spacing
29 Ctrl + 5 1,5 lines
30 Ctrl + Esc Start Menu
31 F1 Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word
32 F2 Memindahkan teks atau objek yang dipilih
33 F3 Menjalankan perintah AutoText
34 F4 Mengulangi perintah sebelumnya
35 F5 Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
36 F6 Menjalankan Perintah Other Pane
37 F7 Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
38 F8 Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
39 F9 Mengupdate Field (Mail Merge)
40 F10 Mengaktifkan Menu
41 F11 Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
42 F12 Mengaktifkan dialog Save As
43 Esc Membatalkan dialog / perintah
44 Enter Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
45 Tab Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
46 Windows Mengaktifkan Menu Start
47 Shortcut Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
48 Delete Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
49 Backspace Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
50 Insert Menyisip karakter di posisi kursor
51 Home Memindahkan posisi kursor ke awal baris
52 End Memindahkan posisi kursor ke akhir baris
53 Page Up Menggulung layar ke atas
54 Page Down Menggulung layar ke bawah
55 Up Memindahkan kursor 1 baris ke atas
56 Down Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
57 Left Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
58 Right Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
59 Num Lock On Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
60 Num Lock Off Fungsi tombol navigasi aktif
61 Shift + F10 Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
62 Alt Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar
63 Shift + Delete Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item alam Recycle Bin
64 Ctrl + Right Arrow Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya
65 Ctrl + Left Arrow Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
66 Ctrl + Down Arrow Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya
67 Ctrl + Up Arrow Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
68 Alt + F4 Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif
69 Alt + Enter Menampilkan properti dari objek yang dipilih
70 Alt + Spacebar Buka menu shortcut untuk jendela aktif
71 Ctrl + F4 Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan
72 Alt + Tab Switch antara item yang terbuka
73 Alt + Esc Cycle melalui item dalam urutan yang telah dibuka
74 Ctrl + Shift + Tab Bergerak mundur melalui tab
75 Shift + Tab Bergerak mundur melalui pilihan
Nomor whatApps Admin 1 Computer Course Center
Nomor whatApps Admin 2 Computer Course Center