Cara Mengoptimasi Kata Kunci

Tentunya sebagai pemilik blog atau website tentunya kita akan menargetkan pengunjung di website tetapi sebelumnya kita harus menentukan kata kunci yang akan digunakan terlebih dahulu? kenapa harus kata kunci? bisa dilihat di bawah ini

Cara Mengoptimasi Kata Kunci

Cara Mengoptimasi Kata Kunci

Sebagai pemilik atau pengelola website tentunya menargetkan pengunjung dari mesin pencari, tetapi sebelumnya kita harus sudah memikirkan satu hal yaitu kata kunci atau keyword. Kenapa? Karena tentunya dengan kata kunci maka orang akan lebih mudah mencari website ataukah postingan yang telah dibuat. Bisa dibayangkan jika website tidak memiliki kata kunci tentunya akan sangat susah web atau postingan kata akan tampil di mesin pencari. Selain itu perlu dipertimbangkan juga kata kunci yang akan dipilih karena ada kemungkinan website lain akan menargetkan kata kunci yang sama. Lalu bagaimana caranya? Tentunya dengan melakukan optimasi kata kunci. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pikirkan Kata yang Akan Digunakan Untuk Kata Kunci
    Sebelum melakukan optimasi sangat perlu untuk mempersiapkan satu atau dua kata sebagai kata kunci, Kenapa? Karena dengan mempersiapkan hal tersebut kita bisa menargetkan calon pengunjung yang akan melihat website atau blog. Sebagai contoh “Sepatu” kata ini mungkin akan banyak digunakan oleh calon pengunjung tetapi tentunya tingkat persaingannnya akan lumayan tinggi jadi biasakan menggunakan kombinasi dari dua kata contohnya “Sepatu Olahraga” “Sepatu Sepakbola” atau bisa melakukan riset kata kunci untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai.
  2. Fokus pada Long Tail Keyword
    Long Tail Keyword adalah keyword yang tediri dari beberapa kata atau dengan kata lain. Dengan menggunakan long tail keyword maka tingkat persaingan akan lebih rendah. Sebagai contoh “Sepatu Sepakbola” mungkin kata ini terdengar sangat bagus dan sempurna untuk digunakan sebagai kata kunci tetapi jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut tentunya bisa dilihat jika tingkat persaingannya lumayan tinggi dan hal ini harus diperhitungkan kembali. Maka disinilah perlu kita gunakan long tail keyword, contohnya “Sepatu Sepakbola Murah” dengan kata kunci ini jumlah persaingan cukup sedikit dan peluang untuk tampil menjadi lebih besar.
  3. Gunakan Variasi Kata Kunci
    Tidak semua orang menggunakan kata kunci yang sama untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Maka disini diperlukan variasi kata kunci yang bisa anda tempatkan di setiap page ataupun artikel anda. Dengan hal ini tentunya artikel ataupun website anda akan lebih mudah untuk bersaing.
  4. Berlaku Konsisten
    Berlaku konsisten dimaksudkan sebagai pemilik website atau blog anda harus selalu menempatkan kata kunci di setiap artikel yang dibuat. Jadi hal ini untuk menjaga agar artikel tetap konsisten dan trafik pengunjung akan terus bertambah.
Back to top