Cara Cepat Menghilangkan Virus Shortcut

Virus shortcut adalah salah satu virus yang paling sering menjangkiti komputer karena penyebarannya yang sangat cepat dan susah di deteksi. Kali ini akan dibahas cara menghapus virus ini dengan menggunakan Comand Prompt.

 Cara Cepat Menghilangkan Virus Shortcut

Cara Cepat Menghilangkan Virus Shortcut

Virus shortcut adalah salah satu virus yang paling sering menjangkiti komputer karena penyebarannya yang sangat cepat dan susah di deteksi. Cara kerja virus ini adalah menyembunyikan file aslinya dan membuat duplikasi dari file yang disembunyikan dalam bentuk shorcut.

  1. Ciri - ciri komputer terkena virus shortcut

    1. Jika komputer sudah terinfeksi virus ini maka di MyDocument akan terdapat file induk dari virus ini dengan nama database.mdb

      database.mdb
    2. Pada setiap drive dan folder akan terdapat file autorun.inf

      autorun.inf
    3. Kemudian ia akan membuat file thumb.db tetapi hati - hati karena pada folder terdapat file cache dari komputer yang asli dengan nam thumbs.db jadi harus berhati - hati karena perbedaan nama yang hampir mirip kadang menipu kita

      thumb.db
    4. Virus ini juga akan membuat file dengan nama microsoft.ink dan extensi.ink pada setiap folder, jadi saat anda mencoba mengeksekusi file tersebut maka otomatis aan mengaktifkan virusnya.
    5. Periksa Task Manager anda dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+Del jika ada file wscript.exe maka matikan saja karena dalam keadaan normal tidak ada file seperti itu

      wscript.exe
    6. Icon Removable Media (USB Flash) berubah menjadi icon folder.

      Icon Removable Media
    7. Ada folder Recycle yang jika dibuka hanya berisi file dengan penamaan angka yang panjang.

      Recycle
    8. Muncul file dengan nama "Copy of Shortcut to (1).ink " s/d "Copy of Shortcut to (4).ink "

      Copy of Shortcut
  2. Proses Penyebaran
    • Proses penyebarannya sendiri dimulai dari internet jadi komputer yang sering mengakses internet memiliki potensi yang besar untuk terjangkit virus ini.
    • Selanjutnya virus akan menetap pada komputer atau laptop sebelum dilakukan pembersihan.
    • Saat anda mencolokkan flashdisk atau harddisk external pada komputer atau laptop yang terjangkit virus ini maka virus ini akan masuk ke flashdisk dan mengubah data - data yang ada di flashdisk atau harddisk external anda menjadi shortcut.
    • Flashdisk yang sudah terinfeksi virus ini berpontensi besar dapat menularkan pada komputer atau laptop lain saat kita mencolokkannya.
  3. Cara Mengatasi Ada beberapa cara untuk menghilangkan virus ini, kali ini akan dibahas cara menghilangkan virus ini dengan menggunakan Command Prompt. Berikut langkah - langkahnya:
  4. Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows+R kemudian ketikkan cmd

    Mengilangkan Virus Shortcut
  5. Pilih drive yang terinfeksi virus misalnya Drive G maka ketikkan G: lalu Enter

    Virus Shortcut CMD
  6. Kemudian ketikkan attrib -s -r -h /s /d di cmd, kemudian tekan Enter

    Virus Shortcut Folder
  7. Sekarang cek kembali pada flashdisk apakah folder yang terhidden sudah kembali muncul, jika sudah hapus folder yang berupa shortcut tadi

Subscribe Channel Computer Course Center

Nomor whatApps Admin 1 Computer Course Center
Nomor whatApps Admin 2 Computer Course Center