Cara Mudah Membuat Pivot Table

Pivot Table merupakan bentuk penyusunan ulang dari suatu data didalam table dengan tujuan agar mudah dianalisis. Teknik ini merupakan salah satu materi yang diajarkan pada materi kursus Komputer Administrasi Perkantoran

Cara Mudah Membuat Pivot Table

Cara Mudah Membuat Pivot Table

Pivot Table merupakan bentuk penyusunan ulang dari suatu data di dalam table dengan tujuan agar mudah dianalisis. Dengan adanya Pivot Table ini nantinya kita bisa menampilkan data - data tertentu yang dikehendaki.
Untuk membuat Pivot Table, berikut langkah - langkahnya

  1. Aktifkan salah satu sel di dalam table.
  2. Klik tab Insert. Pada grup Table, pilih Pivot Table.
    Pivot Table
    Akan muncul kotak dialog Create Pivot Table. Di sana secara otomatis pada kolomSelect a Table or range telah terisi alamat table/ range.
    Analisa Data Pivot Table
  3. Bila Anda ingin menempatkan laporan Pivot Table pada worksheet baru, pastikan yang terpilih adalah New Worksheet tekan Ok.
    Menggunakan Pivot Table
    Sehingga akan terbuka worksheet baru dengan tampilan seperti gambar berikut.
  4. Masukan field untuk ditambahkan kedalam laporan. Caranya klik dan tarik satu persatu field kedalam salah satu dari keempat kolom dibawah. Misalnya Bulan dan Merk (Report Filllter), Cabang (Row Labels), unit terjual (Column Labels), serta Nilai Penjualan(Values). Penempatan fieled ini dapat dilakukan sesuai keinginan Anda (bebas), karena hanya digunakan untuk melakukan pengaturan tata letak laporan.
    Membuat Pivot Table
    Sehingga hasilnya akan gambar di bawah ini.
    Tips Pivot Table
  5. Jika anda ingin melihat data pada item tertentu, klik drop-down disamping nama field. Misalnya, klik drop-down pada field Bulan, lalu pilih bulan yang diinginkan, tekan Ok.
    Menggunakan Pivot Table
    Maka hasilnya akan terlihat seperti ini.
    Analisa data Microsoft Excel
Back to top