Tutorial Website
Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink adalah salah satu komponen terpenting untuk mendongkrak posisi dari website atau blog yang kita miliki. Tetapi masih banyak dari pemilik atau pengelola blog dan website yang belum mengetahui apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya.
  • 12

    Dec

    Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

    Backlink, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

    Manfaat Backlink
    Backlink sangat diperlukan oleh blog atau web karena banyak manfaat yang di didapatkan seperti:

    1. Meningkatkan Posisi Blog / Web Pada SERP
      Apa itu SERP? SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Pages. Pengertian Serp adalah halaman yang berisi hasil pencarian dari suatu kata kunci pada mesin pencari. Jadi backlink akan sangat membantu untuk menaikkan posisi blog atau website di search engine.
    2. Mempertahankan posisi serp
      Setelah berhasil menaikkan posisi blog atau website sekarang backlink akan digunakan untuk mempertahankan posisi yang kita sudah raih di search engine.
    3. Menambah Jumlah Pengunjung Blog / Web
      Dengan semakin baiknya posisi blog atau website di search engine maka secara otomatis akan meningkatkan jumlah visitor ke website atau blog.

    Kerugian Backlink
    Selain manfaat yang sangat penting untuk perkembangan blog atau website, backlink juga memiliki kerugian yang bisa sangat membahayakan blog atau website antara lain:

    1. Link yang terlalu banyak dianggap SPAM di search engine
    2. Menjadikan adanya kemungkinan terjadi Backlink error (404)


    Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
    Untuk membangun backlink yang berkualitas untuk blog atau website ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Melalui Media Sosial

      Backlink dari situs media social adalah backlink yang sangat berkualitas, sebagai contoh backlink dari Twitter, Facebook, Google plus dan situs media social lainnya. Tentunya mesin pencari akan sangat memperhitungkannya. Selain backlink tentu kita juga akan mendapatkan visitor ataupun followers dari situs media tersebut. Jadi sebaiknya website yang kita punya harus memiliki akun media social sendiri. Selain itu dengan banyaknya teman atau followers maka website kita akan semakin terkenal dan tentunya kita harus aktif di situs media social tersebut.
    2. Melalui Web 2.0

      Selain untuk membuat blog dengan gratis, Web 2.0 juga sering digunakan untuk kegiatan membangung backlinks. Dan tentu saja backlinks dari Web 2.0 ini sangat efektif dalam kegiatan SEO kita karena rata-rata Web 2.0 adalah high authority di mesin pencari, dengan kata lain Web 2.0 sudah dipercaya oleh mesin pencari. Contoh dari web 2.0 adalah blog (WordPress, Blogger, Dagdigdug), keluarga wiki (Wikipedia, Wikimapia, dll), situs social-networking (Facebook, Friendster, Multiply), dan situs-situs sejenis.
    3. Melalui Forum

      Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.
    4. Melalui Artikel Direktori

      Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori.
    5. Melalui Blogwalking

      Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita dihalaman komentar tersebut. Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut. Yang sangat penting kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar yang asal.
    6. Melalui Situs Social Bookmarking

      Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari. Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking ini untuk mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet dan tentu saja ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

    Berikut ini adalah beberapa daftar backlink dengan pagerank tinggi.

    No Situs Page Rank
    1 http://diskusitokoonline.com/ 1
    2 http://www.forumbebas.com/ 1
    3 http://langitnews.com/ 2
    4 http://iniada.net 2
    5 http://www.idcari.com 3
    6 https://forum.lowyat.net/ 3
    7 http://www.indonetwork.co.id/ 4
    8 http://forum.chip.co.id/ 4
    9 http://slashdot.org/ 7
    10 https://www.academia.edu/ 8

    Daftar backlink dan teknik SEO yang lebih lengkap akan dijelaskan dalam kelas Web Design